Bacaan Doa Sebelum Wudhu, Sesudah, dan Tata Cara Berwudhu yang Benar

Waspada Ketika Wudhu, Parasit Air Pemakan Otak Ini Bisa Membahayakanmu

            Wudhu merupakan salah sau syarat wajib bagi para umat Islam yang hendak menunaikan shalat. Dengan berwudhu, manusia bisa menyucikan dirinya secara menyeluruh. Selain itu, wudhu juga sesuai dengan syariat Islam sebelum menghadapkan diri kepada Allah SWT.

Hukum berwudhu sendiri memang wajib. Dimana hal ini wajib dilakukan ketika seorang muslim hendak melaksanakan shalat, thawaf, dan ketika hendak menyentuh itab suci Al- Qur’an. Melaksanakan wudhu dengan cara yang benar juga mampu menggugurkan dosa dari anggota tubuh yang sudah dibasuh sebelumnya.

            Dalam wudhu, terdapa bacaan doa yang memang harus dilafadzkan, baik doa sebelum wudhu maupun sesudah melakukan wudhu. Berikut ini akan dijelaskan tuntunan lengkap mengenai tata cara wudhu dan doa sebelum wudhu maupun sesudah wudhu yang wajib Anda ketahui.

Bacaan Doa Sebelum dan Sesudah Wudhu

  • Doa sebelum wudhu

Terdapat bacaan niat wudhu yang memang harus dilafazkan. Bacaan niat dalam wudhu ini dapat diartikan sebagai kesungguhan hati, karena melaksanakan perintah Allah SWT dan mengikuti ajaran dari Rasullullh SAW semata.

Doa niat berwudhu adalah Nawaitul wudhuu-a liraf’ll hadatsil ashghari fardhal lilaahi ta’aalaa.

  • Doa Sesudah Wudhu

Sementara itu, setelah Anda selesai berwudhu, maka ada juga doa yang harus Anda baca. Doa sesudah wudhu adalah asy-hadu alla ilaaha illallah wahdahu laa syarikalah wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa rosuluh, allohummaj’alnii minattawwaabiina waj’alnii minl mutathohhiriin.

Tata Cara Berwudhu

Setelah mengetahui bacaan doa sebelum dan sesudah wudhu, maka hal berikutnya yang perlu Anda ketahui adalah bagaimana tata cara melaksanakan wudhu dengan benar.

  • Membaca Doa Niat Wudhu

Doa niat berwudhu adalah nawaitul wudhuu-a liraf’ll hadatsil ashghari fardhal lilaahi ta’aalaa.

  • Membaca Basmallah

Membaca basmallah dilakukan sambil mencuci kedua telapak tangan sebanyak 3 kali hingga masuk ke sela-sela jari. Namun, meski pun Anda lupa membaca basmallah, wudhu yang sudah Anda lakukan tetaplah sah hukumnya.

  • Berkumur-kumur

Berkumur sebanyak 3 kali serta membersihkan gigi dari sisa makanan yang ada pada gigi merupakan salah satu tata cara berwudhu yang benar.

  • Mencuci Lubang Hidung

Mencuci lubang hidung sebanyak 3 kali untuk mengeluarkan kotoran yang ada di daalamnya adalah sunnah.

  • Mencuci Muka 3 Kali

Mencuci muka sebanyak 3 kali pada saat berwudhu sebaiknya dilakukan mulai dari ujung kepaa tumbuhnya rambut, hingga ke bawah dagu. Selain itu, bersihkan juga telinga kanan dan kiri.

  • Cuci Kedua Tangan Hingga Bagian Siku

Cucilah kedua tangan hingga bagian siku sebanyak 3 kali. Sebaiknya, hal ini dilakukan dengan mendahulukan anggota tubuh sebelah kanan.

  • Mengusap Kepala

Mengusap bagian kepala dari arah depan hingga ke bagian belakang kepala sebanyak 2 kali merupakan tata cara berwudhu yang benar.

  • Membersihkan Kedua Telinga

Membersihkan telinga dilakukan dengan memasukkan jari telunjuk ke dalam telinga. Kemudian, usap bagian daun telinga. Hal ini dilakukan secara bersamaan antara telinga kanan dan kiri.

  • Mencuci Kedua Kaki Hingga Atas Mata Kaki

Basuh kedu kaki hingga atas mata kaki. Hal ini dilakukan sebanyak 3 kali dan dimulai dari kaki sebelah kanan terlebih dahulu.

  • Membaca doa wudhu

Setelah semua rangkaian wudhu sudah selesai dilakukan, maka sangat disunnahkan untuk membaca doa sesudah wudhu. Ketika membacanya, usahakan untuk menghadap kiblat dan mengangkat kedua tangan.

Jadi, apakah Anda sudah mengerti tata cara berwudhu yang benar hingga doa sebelum dan sesudah berwudhu? Semoga sedikit penjelasan ini bermanfaat untuk Anda.