7 Manfaat Jeruk Baby Jika Dikonsumsi Secara Rutin

Jeruk Baby/TaniHub

Jeruk baby yang sangat populer di Indonesia adalah jeruk baby yang berasal dari Pacitan di Jawa Timur. Mengutip Kementerian Pertanian Republik Indonesia, jeruk baby ini rasanya lebih manis dan segar dibandingkan jeruk biasa. Jeruk Baby Orange juga memiliki ciri daging berwarna kuning. Pohon jeruk baby ini dapat menghasilkan 40-60 kg per tahun saat panen.

Kandungan Buah Jeruk Baby

Jeruk baby sangat cocok untuk dijadikan minuman segar berupa jus maupun sirup. Selain rasanya yang manis, jeruk baby juga memiliki kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa kandungan jeruk baby yang dapat menyehatkan tubuh Anda:

  • Air : 87,2 g
  • Karbohidrat : 33,03 g
  • Lemak : 11,24 g
  • Kalori : 0,92 g
  • Protein : 0,23 g
  • Vitamin C : 49,08 mg
  • Vitamin A : 190,08 mg
  • Vitamin B1 : 0,08 mg
  • Kalsium : 23,07 mg
  • Fosfor : 0,42 mg

Manfaat Buah Jambu Kristal

Pixabay/stux

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Keunggulan ini karena kandungan Vitamin C yang berperan penting sebagai antioksidan alami. Oleh karena itu, mengonsumsi jeruk baby dapat memperkuat sistem kekebalan. 

  1. Menjaga kadar gula darah

Beberapa orang mengatakan bahwa rasa manis di dalam jeruk bisa menyebabkan diabetes. Namun anggapan ini sangat keliru, sebab rasa manis yang dihasilkan oleh buah jeruk, terutama jeruk baby, murni dihasilkan oleh gula fruktosa. 

Fruktosa sendiri merupakan faktor yang sebenarnya menjaga kadar gula darah pada tingkat normal. Oleh karena itu, jeruk baby juga cocok untuk orang dewasa, terutama penderita diabetes.

  1. Menambah energi

Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, makan jeruk bayi juga dapat membantu meningkatkan tingkat energi. Buah ini juga bisa ditambahkan ke makanan pendamping agar tubuh anak lebih sehat dan energik. Jeruk baby yang mengandung vitamin, mineral dan serat dapat membuat Anda merasa segar dan meningkatkan energi Anda.

  1. Menenangkan otot dan syaraf

Tak hanya antioksidan, manfaat jeruk baby selanjutnya berasal dari kandungan fitonutrien. Senyawa ini sangat bermanfaat untuk membantu menenangkan otot dan syaraf.

  1. Mampu mencegah anemia

Anemia adalah suatu kondisi yang ditandai dengan rendahnya tingkat sel darah merah atau hemoglobin dan berkurangnya kemampuan untuk membawa oksigen. Hal ini sering disebabkan oleh kekurangan zat besi. Menurut British Journal of Nutrition, jeruk baby bukanlah sumber zat besi yang paling direkomendasikan, tetapi jeruk merupakan sumber asam organik yang sangat baik seperti vitamin C (asam askorbat) dan asam sitrat.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Salah satu manfaat jeruk baby untuk orang dewasa adalah pencegahan penyakit jantung. Selain itu, penyakit jantung sekarang menjadi penyebab utama kematian dini di seluruh dunia. Menurut American Journal of Clinical Nutrition, flavonoid, terutama hesperidin dalam buah jeruk, memiliki efek perlindungan terhadap penyakit jantung.

  1. Mencegah batu ginjal

Jeruk adalah sumber asam sitrat yang sangat baik, yang dianggap dapat mencegah pembentukan batu ginjal.

Penutup

Demikian penjelasan mengenai kandungan dan manfaat jeruk baby untuk kesehatan tubuh. Untuk mendapatkan buah segar pilihan, banyak e commerce yang menyediakan layanan tersebut termasuk salah satunya TaniHub. Di TaniHub, banyak promo yang ditawarkan bahkan gratis biaya pengiriman se jabodetabek, di sana juga produk buahnya sangat beragam. Jadi tunggu apa lagi, segera belanja kebutuhan harian Anda di TaniHub!