Penghargaan Individu Euro 2020

Perhelatan Euro 2020 telah selesai dengan Italia keluar sebagai juara. Italia menjadi juara setelah mengalakan Inggris di Stadion Wembley, London pada tangga 12 juli 2021. Selain Italia yang mendapatkan trofi, beberapa pemain juga menerima penghargaan indivudu di Piala Eropa 2020. Mereka terpilih setelah tampil apik selama turnamen ini. Mereka yang terpilih diantaranya.

  1. Top Score

Kapten Portugal, Cristiano Ronaldo, menjadi top skor Piala Eropa 2020 dengan torehan lima golnya. Koleksi gol Ronaldo sejatinya sama dengan penyerang Republik Ceko, Patrik Schick. Namun, Ronaldo berhak atas sepatu emas karena satu assist-nya saat Portugal kalah 2-4 dari Jerman. Sekadar informasi, sejak Piala Eropa 2008, assist menentukan gelar top skor Piala Eropa jika ada dua pemain dengan jumlah gol sama. Rinciannya adalah Cristiano Ronaldo mencetak 2 gol ke gawang Hungaria, 1 gol ke gawang Jerman, dan 2 gol ke gawang Pranci. Jumlah gol Ronaldo sama persis dengan torehan penyerang Republik Ceska, Patrik Schick. Patrik Schick juga mencatatkan total 5 gol sepanjang turnamen bersama Republik Ceska. Patrik Schick mengemas 2 gol ke gawang Skotlandia dan 1 gol masing-masing ke gawang Kroasia, Belanda, dan Denmark.

  • Pemain terbaik

Gianluigi Donnaruma yang terpilih sebagai “Player of the Tournament” atau pemain terbaik sepanjang turnamen. Donnaruma menyelamatkan dua tendangan penalti saat Italia mengalahkan Inggris 3-2 melalui adu penalti untuk memenangkan gelar Euro 2020 di Stadion Wembley di London pada hari senin tanggal 12 juli 2020. Donnarumma menyelamatkan gawang Italia dari tendangan penalti Bukayo Saka dan Jadon Sancho, Marcus Rashford. Italia merebut gelar mereka setelah pertandingan berakhir 1-1 pada waktu normal dan perpanjangan waktu. Donnarumma layak mendapatkan penghargan itu setelah tampil gemilang sejak fase grup. Penampilan apik Donnarumma membantu Italia melenggang hingga ke partai puncak. Peran Donnarumma terlihat makin vital jika menilik kemenangan Italia di semifinal dan final yang melalui adu penalti. Penyelamatan Donnarumma dalam momen krusial itu yang membantu Italia meraih trofi Piala Eropa kedua mereka. Donnarumma adalah kiper pertama yang menjadi pemain terbaik Piala Eropa. Itu menandakan kualitas calon pemain anyar Paris Saint-Germain (PSG) tersebut.

  • Pemain muda terbaik

Sementara itu pemain Spanyol Pedri juga kebagian penghargaan. Pesepakbola 18 tahun tersebut didaulat jadi pemain muda terbaik Euro 2020. Sebagai informasi, penghargaan untuk kriteria ini baru dimulai pada Euro 2016 dengan Renato Sanches jadi pemenangnya. “Apa yang sudah dilakukan Pedri di turnamen ini, pada usia 18 tahun, belum pernah dilakukan siapapun. Bahkan Andres Iniesta pun tidak. Ini luar biasa, unik,” kata Luis Enrique, pelatih Spanyol. Di Euro 2020, Pedri bermain selama 629 menit. Aksinya di atas lapangan mencapai 76,1 km (termasuk 38,23 km di antaranya dengan menguasai bola). Persentase operan suksesnya mencapai 92,3 persen.

Itulah beberapa penghargaan yang diberikan kepada para pemain terbaik di ajang Piala Eropa 2020 ini. Dalam statistik para pemain terbaik ini sudah menandakan bahwa Eropa itu adalah raja dari sepak bola internasional. Dari mulai top score atau yang bisa dibilang sebagai pemain yang paling banyak mencetak gol, kemudian Player Of Turnament atau yang bisa dibilang sebagai pemain terbaik, dan Young player of Turnament atau yang bisa dibilang sebagai pemain muda terbaik di ajang Piala Eropa 2020.