4 Tips untuk Mencapai Kebebasan Finansial Bagi Milenial

Dear milenial, masih sering kelabakan di tanggal tua atau cari pinjaman cepat demi menutup kebutuhan sampai gajian berikutnya? Nah, ini adalah salah satu tanda bahwa kamu belum bebas secara finansial. Singkatnya, kebebasan finansial merupakan kondisi di mana seseorang sudah memiliki simpanan uang yang aman untuk meng-cover segala kebutuhan dan juga gaya hidupnya. 

Simpanan uang yang dimaksud di sini bisa dalam bentuk tabungan ataupun investasi. Bebas secara finansial bukan berarti kaya raya atau soal penghasilan yang besar saja, tapi soal memadupadankan kontrol diri dan juga manajemen keuangan yang baik. Hasilnya adalah hidup berkecukupan, layak, tidak memiliki utang, dan tidak mengejar kemewahan berlebihan. 

Untuk mencapai kebebasan finansial, tentu tidak mudah, tapi bukan berarti sulit juga. Semua bisa dimulai dari sekarang dengan empat langkah sederhana berikut ini: 

Jangan tunggu sisa uang, menabunglah di awal

Sudah bukan jamannya lagi sekarang untuk menabung dari sisa-sisa uang gaji. Iya kalau ada sisa, kalau ternyata nggak ada, berarti kamu tidak akan pernah punya tabungan, toh? Menabung bukan lagi soal sisa melainkan soal disiplin dan juga komitmen diri. Tidak perlu tunggu sampai punya gaji besar untuk bisa menabung. Asalkan komitmennya kuat, kamu bisa menghemat salah satu alokasi pengeluaran untuk ditabung, misal: biaya pulsa yang seharusnya Rp150.000 per bulan, dipangkas jadi Rp100.000 dan Rp50.000-nya ditabung. 

Upayakan untuk selalu menabung di awal setiap bulannya sehabis menerima gaji. Saat membuat anggaran keuangan, kamu bisa menggunakan formula ideal 50/30/20 atau 50/30/10/10 yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. 50% untuk kebutuhan primer sehari-hari, 30% untuk kebutuhan hiburan dan cicilan, 20% untuk kebutuhan investasi atau tabungan. Sisihkan uang tersebut sesuai persentase yang sudah dianggarkan. Jangan menunda atau menyepelekan salah satunya. Sebab, selain untuk kebutuhan di masa depan, tabungan juga bisa bermanfaat banyak dalam kondisi darurat. Daripada pinjam sana sini, lebih baik andalkan uang tabungan sendiri. 

Katakan tidak pada tunggakan kredit

Kerap hanya membayar minimum dari total tagihan kartu kredit bulanan? Kalau mau bebas secara finansial, maka kebiasaan satu ini harus disetop dari sekarang. Memang, membayar minimum tagihan kartu kredit merupakan kebijakaan dari bank yang bisa membantu di momen-momen tertentu. Namun, salah-salah bisa jadi ketagihan hingga akhirnya utang kartu kredit beserta bunganya menumpuk. Ini bukan hanya bisa jadi beban keuangan tapi juga bisa memperburuk skor kreditmu. Sama halnya dengan menabung, membayar tagihan kredit atau cicilan yang masih tersisa juga memerlukan komitmen dan disiplin diri yang kuat. 

Bagi kamu yang saat ini belum memiliki akses kredit tetapi tertarik mencoba, jangan lupa untuk memilih fasilitas kredit yang sesuai dengan kebutuhan. Misal, kamu mau apply kartu kredit supaya bisa mencicil barang idaman, maka kamu punya dua pilihan: kartu kredit terbitan bank atau kartu kredit digital yang sekaligus jadi akses pinjaman cepat online seperti Kredivo. Perbedaannya utamanya terletak pada syarat dan cara pendaftaran serta hitungan tagihan dan suku bunganya. 

Dengan Kredivo, kamu hanya perlu download aplikasinya di Google Play Store atau App Store kemudian daftar secara online sesuai dengan instruksi yang ada di aplikasi. Sepadan dengan kartu kredit bank, Kredivo mampu memberikan limit maksimal hingga Rp 30 juta khusus bagi pengguna Premium. Syarat pendaftarannya juga mudah: kamu telah berusia minimal 18 tahun ke atas, memiliki penghasilan tetap per bulan minimal Rp 3 juta, dan berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi. Proses approvalnya sendiri hanya memakan waktu 1 x 24 jam setelah pendaftaran selesai. 

Karena berbasis digital, kamu tidak akan dikenakan biaya kartu, annual fee, atau iuran bulanan dengan Kredivo. Kamu hanya perlu membayar tagihan apabila melakukan transaksi. Kredivo dapat digunakan untuk belanja cicilan s.d 12 bulan di marketplace dan merchant rekanan seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Blibli, Tiket.com, dsb. Bisa juga digunakan untuk mengajukan pinjaman cepat tunai mulai dari 500 ribu dengan pilihan tenor mulai 30 hari, 3 bulan, dan maksimal 6 bulan. Soal suku bunga, Kredivo merupakan fintech sekaligus akses kredit digital terbaik di kelasnya karena menarapkan tingkat suku bunga yang terbilang rendah: hanya 2,95% per bulan. 

Mulai coba produk investasi

Dikutip dari hasil survei yang dijalankan oleh Alvara Research di tahun 2017 yang berjudul “The Urban Middle-Class Millenials Indonesia: Financial and Online Behavior”, secara umum, mayoritas generasi milenial telah melek terhadap produk investasi mulai dari yang konvensional seperti emas dan properti hingga yang modern seperti saham, reksadana, valas, obligasi, dan future indeks. Namun, kepemilikan atas produk investasi ini masih terbatas. Yang paling banyak dimiliki adalah emas dan properti. Tapi, menurut survei tersebut, sebagian milenial juga sudah mulai pilih-pilih produk investasi yang akan digunakan untuk masa depan. Nah, semoga kamu termasuk salah satunya ya. Kalau masih ragu kamu bisa memulai dari produk investasi yang minim risiko seperti reksa dana. 

Mulai bisnis sampingan yang sesuai hobi atau ketertarikan

Punya ketertarikan atau hobi yang bisa ditekuni menjadi sebuah bisnis? Misal, hobi desain, hobi menulis, atau hobi update foto dan caption bagus di media sosial. Kamu bisa juga lho coba membuat bisnis kecil-kecilan yang berangkat dari hobi tersebut. Apalagi di jaman sekarang, memasarkan jasa atau produk bisa dengan mudah mengandalkan marketplace ataupun media sosial yang gratis. Lumayan buat tambah-tambah tabungan. Kalau bisnisnya sukses, bisa jadi jaminan untuk masa depan juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *